Apa sobat tau, mesin di bedakan dari tipe langkahnya? Yaitu, mesin 4 tak dan mesin 2 tak. Sedangkan di klasifikasikan berdasarkan jenis bahan bakar maka di bagi menjadi mesin bensin dan mesin diesel.
Tapi di balik itu, semuanya memiliki komponen dasar yang secara garis besar sama. Misal, semuanya memiliki blok silinder, poros engkol dan piston. Ada juga kepala silinder sebagai tempat busi.
Nah, sobat berikut ini nama - nama komponen mesin mobil dan fungsinya.
1. Kepala silinder (Cylinder Head)
Tapi di balik itu, semuanya memiliki komponen dasar yang secara garis besar sama. Misal, semuanya memiliki blok silinder, poros engkol dan piston. Ada juga kepala silinder sebagai tempat busi.
Nah, sobat berikut ini nama - nama komponen mesin mobil dan fungsinya.
1. Kepala silinder (Cylinder Head)
Kepala silinder
Sumber: blueprintengines.com
Adalah bagian mesin yang dipasangkan dengan blok silinder, kepala silinder terdapat ruang bakar dan biasanya dijadikan dudukan busi dan mekanisme katup pada mesin 4 tak.
2. Blok silinder ( Cylinder Block)
Silinder blok
Sumber indonesian.alibaba.com
Adalah komponen utama mesin didalamnya ada silinder sebagai tempat piston naik turun menjalankan siklus kerja mesin, dan juga sebagai tempat dudukan poros engkol. Dan juga tempat distributor.
3. Piston/ Torak
Piston/Torak
Sumber: indiamart.com
Bisa diibaratkan sebagai jantung dari mesin. Cara kerjanya merubah energi panas menjadi energi mekanik (gerak), piston ini akan bergerak naik turun untuk menhasilkan energi.
4. Connecting Rod
Adalah batang piston yang berfungsi untuk mengubungkan piston ke poros engkol. Dengan begitu engkol akan merubah energi dari piston menjadi energi putar.
5. Pin Piston
Adalah menghubungkan piston dengn ujung yang kecil (small end) pada batang piston (Connecting Rod) melaui bushing dan meneruskan tekanan pembakaran yang di terima piston ke batang piston.
6. Ring Piston
Fungsi Ring Piston adalah:
a. Mencegah kebocoran kompresi
b. Mencegah oli masuk ke ruang bakar
c. Mengikis kelebihan oli pada dinding silinder
d. Memindahkan panas dari piston ke dinding silinder.
7. Crank Shaft (Poros Engkol)
Poros engkol
Sumber: crankshaft.co.id
Berfungsi untuk merubah energi gerak yang di terima piston menjadi energi putar putar yang kemudian di salurkan ke roda gila (fly wheel).
8. Bantalan
Berfungsi mencega keausan dan mengurangi gesekan pada poros engkol. Jurnal poros engkol menerima beban besar dari tekanan gas pembakaran dari piston dan berputar pada putaran tinggi. Oleh sebab itu di butuhkan bantalan dan oli untuk mencega keausan.
9. Busi (Spark Plug)
Busi
Sumber: blanja.com
Adalah komponen sistem pengapian yang berguna memercikan bunga api, yang berfungsi untuk membakar campuran baham bakar di ruang pembakaran.
10. Gasket Kepala Silinder
Berfungsi sebagai perapat antara kepala silinder dengan blok silinder, supaya tidak tetjadinya kebocoran gas pembakaran, air pendingin dan oli.
11. Bak Oli (Oil Pan)
Berfungsi untuk penampungan oli. Letak komponen ini berada di bagian bawah blok silinder yang dibautkan dan gasket untuk mencegah kebocoran.
12. Fly wheel (Roda Gila)
Berfungsi untuk menyimpan tenaga putar yang dihasilhan mesin pada langka usaha. Dengan adanya fly wheel mesin dapat betputar dengan lembut.
13. Mekanisme Katup
Berfungsi untuk membuka dan menutup katup yang di perlukan dalam siklus ketja mesin.
14. Katup (Valve)
Berfungsi untuk membuka dan menutup saluran hisap dan saluran buang. Pada setiap satu silinder, minimal terdapat dua jenia katup yaitu katup hisap dan katup buang.
15. Cam Shaft (Poros Nok)
Berfungsi untuk membuka dan menutup katup hisap dan katup buang sesuai timing yang ditentukan. Pompa bensin dan distributor juga digerakan oleh poros nok.
16. Pengangkut Valve (Valve Lifter)
Berfungsi untuk memindahkan gerak dari cam dalam membuka dan menutup katup untuk menjalankan siklus kerjanya.
17. Batang pengerak (Phus Rod)
Berfungsi untuk meneruskan gerakan dari valve lifter ke rocker arm.
18. Rocker Arm
Berfungsi untuk menyalurkan gerak dari phus rod ke katup.
19. Pompa oli (Oil pump)
Adalah komponen dari sistem pelumas yang berfungsi untuk mengisap oli yang ada di pan, kemudian di pompa ke bagian mesin yang membutuhkan oli.
20. Saringan Oli (Filter Oli)
Berfungsi untuk menyaring kotoran - kotoran pada oli, agar oli selalu bersih terutama dari kotoran - kotoran serpihan besi, partikulat dan lain nya.
21. Radiator
Radiator
Sumber: indiamart.com
Berfungsi untuk mendinginkan air yang telah menyerap panas dari mesin.
22. Tutup Radiator
Berfungsi untuk menaikan titik didih air dan menjaganya agar tidak mendidih pada suhu 100 derajat celcius.
23. Kipas Radiator
Berfungsi untuk menghembuskan udara kearah mesin, sehingga terjadinya pendinginan.
24. Pompa Air (Water Pump)
Berfungsi untuk mengsirkulasikan air pendingin ke bagian mesin yang membutukan.
25. Thermostat
Berfungsi untuk menjaga kestabilan suhu dari air pendingin, dan untuk mempercepat mesin mencapai suhu kerja.
26. Upper Hose dan Lower Hose
Berfunsi untuk menyalurkan air pendingin dari mesin ke radiator (upper hose) dan mengalirkan air pendingin dari radiator ke mesin.
27. Reservoir Tank (Tengki Cadangan)
Berfungsi sebagai tengki cadangan dan sebagai penampunga uap ketika mesin panas.
28. Water Jacket
Adalah saluran - saluran air yang terdapat dalam blok, sebagai jalan air pendingin menyerap panas mesin.
29. V - belt (Sabuk Pengerak)
Berfungsi untuk mengerakan kipas pendingin, ac, alternator dan lainnya.
30. Tangki Bahan Bakar (Fule Tank)
Berfungsi untuk penmpungan bahan bakar yang di butuhkan mesin untuk menjalankan siklus kerjanya.
31. Saringan Bahan Bakar (Fule Filter)
Betfungi untuk menyaring kotoran atau air yang mungkin terdapat pada bensin atau bahan bakar.
32. Pompa Bahan Bakar (Fule Pump)
Betfungsi untuk memompa bahan bakar ke karburator.
33. Saluran Bahan Bakar
Berfunsi untuk mengubungkan bahan bakar dari tangki ke karburator.
34. Karburator
Karburator
Sumber: camargus.com
Betfungsi untuk mencampur bahan bakar dengan udara, dengan perbandingan yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi mesin.
Nah, sobat itulah cara nama - nama komponen mesin mobil Semoga bisa bermanfaat.